Rabu, 12 September 2012

Alasan menggunakan sistem basis data , serta kelebihan dan kekurangan


Kemaren saya sudah mengikuti mata kuliah Sistem Basis Data atau biar gampang ngomongnya nih ya temen – temen menyingkatnya dengan SBD dibaca esbede.
Nah , baru saja hari pertama kuliah eh bapak iksan udah ngasih tugas, tapi ya nggak apa-apa sih sebagai awal permulaan perkuliahan system basis data biar otak agak anget dikit gitu,,
Dan tentu saja bagi kalian yang masih awam pastinya nggak dong kan apa itu SBD?? Nah berikut ulasannya, cekidot..

            Database Manajement System (DBMS) atau kalo bahasa indonesianya system basis data itu tuh merupakan suatu software yang biasanya digunakan untuk membangun sebuah sistem basis data yang berbasis komputerisasi. DBMS sendiri tu punya banyak manfaat loh, DBMS itu dapat membantu dalam pemeliharaan dan pengolahan kumpulan data dalam jumlah yang besar. Sehingga dengan menggunakan DBMS tidak menimbulkan kekacauan dan dapat digunakan oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan.
Berikut beberapa alasan-alasan menggunakan sistem basis data :
1.      Alasan kecepatan dan kemudahan (speed)
Alasan menggunakan sistem basis data adalah agar dapat dengan cepat melakukan suatu pencarian data.
Dengan menggunakan basis data memungkinkan kita untuk dapat menyimpan data atau memanipulasi data dan menampilkan data tersebut dengan mudah dan cepat.
2.      Alasan efisien ruang penyimpanan (space)
Dengan database penngunaan ruang penyimpanan lebih efisien yaitu dengan cara kita dapat menekan jumlah pengulangan data dengan menerapkan sejumlah pengkodean.
3.      Alasan keakuratan (accuracy)
Dengan database  berguna untuk menentukan ketidakakuratan pemasukan / penyimpanan yaitu dengan menerapkan pemanfaatan pengkodean dan pembentukan relasiantar data dengan penetapan aturan atau batasan tipe data kedalam database.
4.      Alasan terpeliharanya keselarasan data (consitant)
Yaitu jika terdapat perubahan data pada aplikasi yang berbeda maka secara otomatis perubahan akan berlaku pada semua data.
5.      Alasan data dapat dipakai secara bersama-sama (shared)
Pada waktu yang bersamaan data dapat dipakai secara bersama-sama oleh beberapa program aplikasi (secara batch maupun online)
6.      Alasan keamanan (security)
Dengan begitu dapat kita tentukan siapa saja yang boleh menggunakan database dan menentukan jenis operasi-operasi apa saja yang boleh dilakukan.
7.      Dapat diterapkan standarisasi ( standarization)
DBA dapat menerapkan standarisasi data yang disimpan sehinnga memudahkan pemakaian, pengiriman maupun pertukaran data.
Kelebihan menggunakan DBMS ( Database Manajement System ) adalah :
1. Jauh berbeda dengan performance data yang disimpan dalam bentuk flat file, performance dalam bentuk DBMS dapat menyimpan cukup besar. Selain dapat melakukan suatu kerja yang lebih baik, juga akan didapatkan efisiensi penggunaan media penyimpanan dan memori.

2. Masalah redudansi sering terjadi dalam DBMS. Redudansi merupakan kejadian berulangnya data atau kumpulan data yang sama pada sebuah database yang berakibat media penyimpanan lebih boros. Sehingga Integritas data lebih terjamin dengan penggunaan DBMS.

3. Independensi. Perubahan struktur database dimungkinkan terjadi tanpa harus mengubah aplikasi yang mengaksesnya sehingga pembuatan antarmuka ke dalam data akan lebih mudah dengan penggunaan DBMS.

4. Sentralisasi. Data yang modelnya terpusat cenderung mempermudah pengelolaan database. kemudahan di dalam melakukan bagi pakai dengan DBMS dan juga kekonsistenan data yang diakses secara bersama-sama akan lebih terjamin dari pada data disimpan dalam bentuk file atau worksheet yang tersebar.

5. Sekuritas. DBMS mempunyai sistem keamanan yang lebih fleksibel daripada pengamanan pada file sistem operasi. Keamanan dalam DBMS akan memberikan keluwesan dalam pemberian hak akses kepada pengguna.
 
Sedang kelemahan menggunakan DBMS ( Database Manajement System ) adalah :
1. Diperlukan tenaga yang terampil dalam mengolah data
2. Diperlukan tempat penyimpanan yang besar
3. Kerusakan di sistem basis data mempengaruhi departemen yang terkait
4. Perangkat lunaknya mahal

           Setelah kalian membaca materi tersebut tentunya sudah ada gambaran dipikiran kalian kan tentang DBMS. Jadi agak anget kan otaknya?
Nah untuk materi selanjutnya silahkan ikuti pos saya berikutnya ya . J

1 komentar: